Yang Punya

Foto saya
Denpasar, Bali, Indonesia
terbang naik elang, diserempet naga. selamat datang, selamat membaca :)

Minggu, 27 April 2014

Mau Kuliah di Fakultas Hukum di 13 Universitas di Indonesia?



KALAU AKU MASUK FAKULTAS HUKUM, ORGANISASI MAHASISWA APA YANG AKAN AKU IKUTI?
ALSA! ASIAN LAW STUDENT ASSOCIATION. Pada dasarnya, bukan hanya mahasiswa yang berkuliah di Universitas Udayana saja yang bisa gabung ke ALSA, tetapi juga di 12 Universitas lainnya.
UNIVERSITAS APA AJA KAK?
Pada dasarnya, ALSA Nasional Chapter Indonesia terdiri dari 13 Local Chapter, diantaranya Unsyiah, Undip, UI, Unpad, Unair, Unsri, UJ, UB, Unsoed, Unsrat, UGM, Unud, dan Unhas. Jadi, kalau mau ke Fakultas Hukum yang ada di 13 Universitas itu, adik-adik bisa
memilih jalan terbaik ini untuk membukakan segala macam kebaikan yang akan kalian dapat di Kampus adik-adik.
EH, SEBENTAR! ALSA ITU APA YA KAK?
Ih maaf, lupa. Jadi, perkenalkan dulu adik-adik, tapi saya jelasin secara singkat aja. ALSA (Asian Law Students’ Association) adalah organisasi non profit berskala internasional, yang anggotanya adalah fakultas hukum di berbagai universitas di Indonesia. Eh bukan, di ASIA tepatnya. Iya seluruh ASIA. Ide awal terbentuknya ALSA adalah dicetuskan pada saat berlangsungnya konferensi Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) II di Makassar pada 21-24 September 1987 karena ISMAHI menyadari bahwa sangat penting membangun rasa saling pengertian dan mengetahui diantara negara-negara ASEAN (pada awalnya) dalam bidang hukum. Nah, maka dari itu terbentuklah ALSA dengan Indonesia sebagai salah satu anggotanya. Dan di Indonesia terbagi lagi menjadi 13 local chapter. Dan anggota ALSA Internasional sendiri adalah Indonesia, Sri Lanka, Jepang, Vietnam, Philippine, Thailand, China, Korea, Malaysia, Singapura.
TERUS UNTUNGNYA IKUT ALSA APA KAK?
Sebelumnya, saya mau memfokuskan di lingkung Universitas Udayana saja ya. Jadi, apa adik-adik suka jalan-jalan? Apa adik-adik mau punya jaringan luas, baik di dalam negeri atau di luar negeri bahkan sampai ke Eropa? Apa adik-adik mau mendapatkan kesempatan keluar negeri dan bertemu dengan teman-teman Universitas lain di Indonesia dan di luar Indonesia? Apa adik-adik suka multimedia? Suka jurnalistik? Suka belajar? Suka punya banyak temen yang gila? Atau mau cari pacar? Suka bahasa inggris? Apa adik-adik mau mendapat materi Hukum Acara Pidana lebih dulu dibandingkan teman-teman adik-adik? Apa adik-adik mau belajar peradilan semu? Belajar menjadi seorang hakim, jaksa, penuntut umum lebih dulu? Kalau iyaaaa, maka ALSA-lah jawabannya. ALSA membuka pintu peluang bagi adik-adik yang ingin mengenal teman-teman fakultas hukum di luar Indonesia, se-ASIA bahkan hingga ke Eropa.
ACARA NASIONALNYA APA AJA KAK?
Acara nasional ALSA ada banyak adik-adik dan setiap tahunnya acara ini dilaksanakan di universitas yang berbeda-beda. Jadi adik-adik akan mendapat kesempatan sangat banyak dan besar untuk berkeliling Indonesia. Acaranya ada SEMUNAS (SEMINAR DAN MUSYAWARAH NASIONAL) yang terakhir kali diadakan di UNAIR dan akan dilaksanakan di UNSRAT MANADO (dan saya salah satu delegasinya hihihi), lalu ada SEMWORKNAS (SEMINAR DAN WORKSHOP NASIONAL) yang pada tahun 2014 akan dilaksanakan di UNIVERSITAS UDAYANA (dan saya salah satu LO nya :p) dan terakhir di laksanakan di UNSRAT MANADO , ada POWB (Pra-Munas dan Outward Bond) yang akan di rename menjadi PLTA  (Pra-Munas dan Leadership Training Alsa) yang akan dilaksanakan di UNPAD Bandung, ada Rapimnas (Rapat Pimpinan Nasional), dan ada NMCC (National Moot Court Competition). Bukan Cuma itu, sometimes kita juga sering mengadakan LC Visit dan Video Conference baik dengan teman-teman LC bahkan pernah juga lo dengan teman-teman dari Thailand. Kalo adik-adik memang berminat dan berdedikasi tinggi, ayo ikut ALSA dan kalian akan dapat teman baru disini.
TERUS ACARA INTERNASIONALNYA KAK?
Kalo acara Internasional ada banyaaaaaaaaak. Ada ALSA Conference, ada ALSA Forum, dan ada Study Trip yang dalam setahun bisa dilaksanakan di banyak tempat. Untuk tahun 2014 aja banyak banget. Tahun ini akan ada ST Japan, ST Vietnam, ST Philliphine, ST China, ST Hongkong, dan masih banyak lagi, selain itu baru-baru ini Universitas Udayana menjadi Co-Host ST Indonesia loo, jadi ada banyak mahasiswa hukum se-Asia yang datang ke Bali. Walaupun Unud baru berusia 2 tahun dalam ALSA, tetapi sudah lumayan “edan” dalam menjadi co-host ST Indonesia dan Tuan Rumah SEMWORKNAS 2014. Dan, selain itu di usianya yang muda, UNUD sudah pernah mengirimkan wakil-wakilnya ke acara internasional. Ada Aloysius Adi yang tahun lalu berangkat ke Phillipine dalam ALSA Forum, dan ada kak Melia Larassati yang akan berangkat ke Study Trip Jepang.
NAH, HUBUNGANNYA SAMA EROPA APA DONG KAK?
Oh, jadi gini adik-adik, di Eropa juga ada yang namanya European Law Students’ Association yang tentunya sesama Law Student kita harus menjalin hubungan dengan teman-teman lainnya. Secara, ALSA adalah Organisasi bertaraf internasional. Bahkan baru-baru ini teman-teman dari ELSA sempat mampir ke Bali lo, dan tentunya kami dari Universitas Udayana menyambut mereka dengan senang hati. Lumayan lo ganteng-ganteng hihihi.
TAPI KAK, AKU NGGA BISA BAHASA INGGRIS. GIMANA DONG?
Ini memang satu penghambat untuk adik-adik yang takut tidak bisa berbaur dengan teman-teman karena permasalahan bahasa inggris ini. Pertama saya ingatkan bahwa yang namanya organisasi internasional memang pada dasarnya berbasis bahasa inggris, TAPI adik-adik, kami disini sama-sama belajar, kami memiliki program kerja English training yang saaaaaaangat mengasikkan. Selain itu, saya pribadi pun tidak mahir untuk berbahasa inggris. Tapi, saya punya keinginan untuk belajar dan saya bisa membuktikannya.
APA BUKTINYA KAK?
Hmmmm, maaf bukannya pamer, hanya ingin berbagi pengalaman. Saya adalah satu-satunya angkatan termuda yang ikut dalam SEMUNAS 2014 di UNAIR lalu. Padahal saya tidak bisa bahasa inggris, tetapi saya mndapat kesempatan untuk berangkat. Memang sih baru event nasional, tapi setidaknya ini awal yang bagus untuk memulai dan berjalan lebih jauh bersama ALSA. Kalau tidak bisa berbahasa inggris seperti saya, adik-adik bisa kok untuk ikut even nasional dulu. Adik-adik punya waktu yang cukup banyak untuk belajar bahasa inggris. Ayo semangat adik-adik?
ADIK-ADIK AJA? TERUS KALAU SUDAH KULIAH TAPI BELUM GABUNG DI ALSA GIMANA KAK?
Hihihihi, noooprobleemooo adik-adikku cinta. Kakak-kakak dan teman-teman se-FH Unud masih bisa bergabung di ALSA karena kami selalu open door untuk semua teman-teman di FH Unud angkatan berapapun selama masih berstatus mahasiswa. Caranya, dengan mengikuti 3 kepanitiaan dalam Event ALSA atau mengikuti kegiatan OLMA (Organization, Leadership, and Management of ALSA) yang kebetulan pada tahun ini saya adalah Project Officernya.
ALSA LC UNUD
ALSA LC UNUD terbagi menjadi beberapa divisi. Ada Human Resources Development, Law Development, Public Relation, Media, dan Funding and Sponsorship. Jadi, untuk adik-adik yang suka santai dan kumpul-kumpul bisa gabung ke divisi HRD, yang suka belajar bisa gabung ke Lawdev, yang suka multimedia dan suka jurnalistik bisa gabung ke Divisi Media, yang suka ngomong bisa gabung ke Public Relation, yang suka kerja dan bisnis bisa gabung ke Funding and Sponsorship. Jadi, semua tipe orang bisa gabung ke ALSA, ngga perlu takut dengan stigma organisasi akademis, karena kita tidak hanya mengembangkan hard skill adik-adik tetapi juga soft skill..
Jadi ini dulu ya adik-adik pandangan singkat mengenai ALSA dan mengapa adik-adik harus memilih ALSA sebagai naungan adik-adik di kampus, selanjutnya kakak akan bagikan event-event apa saja yang sudah kakak lewati bersama keluarga kedua kakak ini lengkap dengan foto-fotonya.
Untuk keseruan ALSA lainnya, bisa adik-adik cek di :
Twitter: @ALSA_LCUNUD
IG: ALSALCUNUD
Facebook: Alsa LC UNUD
Dan search di youtube dengan keyword: ALSA INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagaimana?