Yang Punya

Foto saya
Denpasar, Bali, Indonesia
terbang naik elang, diserempet naga. selamat datang, selamat membaca :)

Kamis, 02 Februari 2012

Apalah Arti Sebuah Nama




Ega -__- adikku yang paling bontot yang paling deket sama aku. Pande Putu Ega Reswara, namanya itu aku yang ngasi. Sebenernya udah dari lama aku pengen punya adi cowok namanya Ega, tapi harapanku dipupuskan oleh kedua orang tuaku selama 11 tahun. Kenapa pupus, karena pertama aku udah punya adik cowok diumurku yang ke 3 tahun, sedangkan saat aku 3 tahun itu aku belum bisa ngomong dengan jelas dan belum tau bakalan punya adik, dipikiranku aku adalah anak tunggal yang paling disayang. Dan akhirnya anak lelaki itu di beri nama Pande Made Calvin Agastya oleh kedua orang tuaku. Gagal lagi punya adik namanya Ega.
Setelah aku pikir-pikir, apa orang tua ku suka sama matematika ya? Sampe-sampe ngasi nama anak pertama dan keduanya berhubungan sama matematika. Ya kan? Nama panggilan ku Tara, bahkan ada beberapa orang alay yang nyamsat namaku jadi Tiara Atau Tarra. Padahal namaku polos banget yaitu Tara tok. Ga pake I ga pake dobel R. Kalo denger tara pasti inget sama kedua sahabat seperjuangannya, yaitu Netto dan Bruto, ya kaaaaaaan? Itu looo 3 bersaudara yang sering di pake di matematika untuk ngukur berat pas jualan. Netto= berat bersih (Bruto-tara), bruto=berat kotor (netto+tara), dan tara=ampas (Bruto-Netto). Ampas? Agak-agak gimana gitu ya bacanya. Tapi setelah aku cari-cari dari banyak literatur, ternyata
Tara itu artinya kebahagiaan/keindahan yang ga ada saingannya. Tapi setelah aku baca buku kumpulan makna nama-nama, Tara itu artinya
menara –“ sesuatu yaaa. Tapi intinya aku suka banget sama nama Tara. Gimana gitu dengernya. Kadang-kadang orang-orang manggil aku rasanya bahagiaaaa banget. “Taraaaa ” kayak ngasi kejutan sambil senyum lebar dengernya. Hehehe Pande Putu Tara Anggita Indyaswari. Pande itu kasta, Putu itu anak pertama. Tara itu seperti yang tadi aku jelasin, Anggita Ang itu artinya kehidupan, tau kan kalo sikap pranayama itu kita narik nafas pake mantra ang, ung, mang? :D maunya nama ku Virginia, tapi si babe ngga setuju dengan nama yang agak kebarat-baratan. Jadi diganti jadi Inggita, tapi kata mama agak mengganjal, terus supaya kelihatan lahir di bulan agustus, jadi diganti pake Anggita. Yang berhubungan sama agustus dan kehidupan itu. Terus Indyaswari artinya Wanita dari India yang mencerminkan aku ini perempuan beragama hindu. Gitu sih kata si meme. :* makasi maaa, walaupun kalo namaku disingkat jadi agak sedikit lumayan gimana gitu ya :p
Oke, lanjut ke adikku yang kedua atau adik pertamaku atau adik cowok pertamaku Calvin. Namanya juga mirip-mirip dan rada-raga agak-agak gimana gitu ya sama matematika. Kalo denger calvin pasti juga inget dengan kedua sohibnya si Celcius dan si Fahrenheit. Tapi jangan salah, ternyata Calvin juga ada artinya. Walaupun agak sedikit ngga nyambung ya, ternyata artinya itu si gundul dari sungai sempit. Heh –“ ngga ngerti jugak. Tapi setelah ditanya-tanya, calvin itu melambangkan ketampanan, entah dapet mungut kata dari mana, tapi adikku ini ngga ganten-ganteng amat sih. Pande Made Calvin Agastya Kusuma Dewa. Pande artinya kasta kita, Made artinya anak kedua, Agastya artinya seperti Rsi Agastya. Menyebarkan agama hindu. Jadi agastya itu juga melambangkan kalo makhluk ini beragama hindu. Terus kesuma dewa itu nama babeku.
Nah, setelah calvin lahir, mama brojol lagi. Aku pas itu pengennya punya adik cowok supaya aku bisa kasi nama Ega. Tapi harapanku pupus lagi. Tapi ngga apa-apa kelahiran si kembar tapi beda ini ngebuat aku bisa berbagi cerita sesama cewek. Jadi aku ngga cewek sendirian, terus baju-baju bekas, tas bekas, jam bekas, topi bekas, sampe daleman bekasku bisa aku sumbangin dulu ke adik adikku yang kembar tapi beda ini. Ngga nyangka sih bakalan kembar. Huh. Adik ketiga namanya Pande Nyoman Natasha Deswari, Pande itu Kasta, Nyoman itu anak ketiga, Natasha itu artinya putri natal (baca di buku) terus Deswari artinya perempuan yang lain di bulan Desember. Terus dama kayak Tasya, Lia juga punya nama yang mirip-mirip gitu. Pande itu Kasta, Ketut itu anak keempat, Natalia itu artinya ga ada, cuman karena mirip-mirip sama kata Natal, jadi dipake nama natalia. Desinta itu juga perempuan yang lahir di bulan Desember. Tasya sama Talia lahir di tanggal 23 Desember deket Natal, jadi ya hasil namanya seperti yang tadi itu.
Nah, ini dia yang aku tunggu. Mamaku kebobolan anak nih lagi satu. Adik terkecilku. Yang aku tunggu selama kurang lebih sebelas tahun. Dari sebelum lahir aku udah pengen banget sekali ngasi dia nama Ega. Aku emang sangat berharap punya adik cowok yang namanya Ega dan nama itu aku yang buat. Akhirnya bayi kecil pun lahir di tanggal 22 Desember. Sebelum lahir, papa emang udah memperkirakan kalo si kecil ini bakalan lahir tanggal 22 Desember dan bakalan dikasik nama Dududes. Ya tu han -_- nama aapaaa ituuu? Ya jelas lah aku yang berumur 11 tahun pastu protes berat dan besar-besaran termasuk juga adik adikku yang lainnya. Jadi dengan bangganya aku mengajukan karya tulis supaya nama adikku bernama Ega, lengkap dengan latar belakang dan pembahasannya. #fiksi . oke, dan akhirnya papa percaya. Tapi masak namanya Pande Putu Ega doang? Terus papa ngelanjutin, Pande Putu Ega Dududes ajaa. Karena ngga terima punya adik yang bakalan jadi dududes, aku bersikeras nyari buku yang udah lama itu di kardus dan aku dapetin buku itu lagi. Aku baca nama Ega artinya tampan, dan aku cari nama belakangnya. Maunya sih Deswara, tapi agak-agak mirip sama Tasya, ntar lia cemburu lagi. Jadi aku putuskan namanya Ega Reswara. Jujur aja, aku ngasi nama Reswara itu ngga tau artinya apa. Tapi aku denger nama itu rasanya anak ini bakaln jadi orang yang ganteng bin gagah berani. Dan saat kelahirannya tanggal 22 Desember 2006 lalu, dia diberikan nama Pande Putu Ega Reswara dengan sang kakak pertama *berasa film laga. Kakak pertama, kakak kedua, kakak ketiga, kakak keempat, guru. Hahahahaa.
Jadi, harapanku punya adik bernama Ega akhirnya kesampean, dan alhasil, makhluk kecil ini sangat teramat dekat dengan kakak pertama. Hahahaa. Oke. That’s all.

ini makhluk yang aku sebut Ega itu..

2 komentar:

  1. Pasti udah kepikiran kk ni siapa :)27 Maret 2012 pukul 16.40

    miss u ega...

    BalasHapus
  2. Segar dan menyenangkan bahasanya.
    Gambara bali yang ramah.

    Salam
    eng_kusmantara@yahoo.com

    BalasHapus

bagaimana?