Yang Punya

Foto saya
Denpasar, Bali, Indonesia
terbang naik elang, diserempet naga. selamat datang, selamat membaca :)

Kamis, 03 November 2011

BLAK BLAKAN 1

antara fiksi yang di non fiksi kan

Fisika itu.... pelajaran "katanya", susah, ruwet, ngga menyelesaikan masalah, yang ada cuman nambahion masalah yang seharusnya ngga perlu diselesaikan.
contohnya ni, masak kita disuruh ngukur getaran? ngukur panjang pemuaian, ngukur gelombang, amplitudo, frekuensi?
buat apa cobak?
kayak ngga ada hal atau masalah lain yang bisa diselesaikan aja sampe-sampe kita mau-maunya disuruh untuk menyelesaikan masalah yang ngga sepa
tutnya dan ngga semestinya diselesaikan?
kenapa ngga ada pelajaran yang ngajarin kita gimana car
anya nyelesaiin masalah yang realistis di kehidupan,
kan lumayan buat ngurangin jumlah orang-orang bodoh yang bakalan bunuh diri kalau ngga bisa nyelesaiin masalah di hidupnya, dan pastinya masalah itu bukan masalah fisika
bayangin deh, dengan tidak bisanya kita menyelesaikan masalah yang dikasi dari soal-soal fisika, ngga mungkin kan bakalan ada orang bunuh diri?
jadi, ngga begitu berguna sih di kehidupan yang realistis walaupun banyak hal yang diambil dari kehidupan atau kejadian di kehidupan, misalnya getaran , simpangan, gelombang, tapi ngga dengan itu aja kan kita bakalan mati?
masak ada pegas, terus koefisien pegasnya kita hitungin baru kita bisa kerja?
ngga juga kan?
aneh emang, buat apa sih fisika?
aku benci fisika

nah, jadi gini lo perjalananku kenapa aku bisa sampe sebenci ini sama yang namanya fisika,
pas SMP dulu, sekitar SMP, aku dapet nih pelajaran fisika, dan gurunya damn bukan main.
kenapa damn?
pamer dikit ya, walaupun belum seberapa,
pas kelas 2 SMP aku doyannnn bgt bgt bgt sama pelajaran IPA,
termasuk si fisika ini.
:)
tapi tapi tapi, semenjak kelas 3 SMP, gurunya rarwww
pangat, kenyat, sok, aneh argh
bikin aku kecewa sama pelajaran fisika
gurunya selalu ngebandingin aku sama prestasiku yang notabene prestasi non akademik
terus sering banget bikin tegang, misalnya tiba-tiba nyuruh aku maju buat ngerjain soal dengan tatapan panas, mata merah, ludah muncrat ke muka atau ke meja, dan memberikan spidol snowman hitam ke depan mukaku yang indah ini.
syukur-syukurnya sih aku pernah bisa ngejawab dan pernah juga ngga bisa ngejawab.
aku inget banget, pas SMP dulu aku pernah dispen gra-gra jadi ketua untuk lomba mading KSPAN, tapi aku mau masuk gara2 sekarang pelajaran guru killer ini, jadi aku dateng aja pas jam pergantian, ternyata si guru fisika killer ini udah di depan kelas sambil megang spidol dan udah nulis banyak rumus rumus yang ngga bisa menyelesaikan masalah yang benar-benar realistis di hidupku.
aku inget
pas aku baru duduk, tiba-tiba tu makhluk berkumis sambrag udah ngacungin spidol didepan mukaku, shitman shitdude
dag dig dug apasih cang sing ngerti
aku ngga ngerti apa apa, ga tau apa apa, bahkan soalpun aku ngga denger apaan, ngeluarin buku jugak belom, udah dikasik soal aja.
disuruh maju dan didepan kelas ngga bisa apa
pasrah
terus kejadian serupa juga, tapi ditambah embel-embel sindiran "masak mayoret ngga bisa fisika, muter tongkat entar gimana kalo ngga bisa fisika"
"masak jegeg bagus bisa, fisika ngga bisa."
"masak main gitar di kantin bisa, ngjawab soal ngga bisa"
"masak OSIS bisa, fisika ga bisa"
aarggghhhhhh tolong yaaaaaaaaaa sat

belom lse, surga dunia banget emang lulus SMP dan ngga ketemu lagi sama ddiiiiaaaaa
tapi di SMA ternyata aku ngga lepas dari hal itu juga
dari fisika, dan guru yang serupa,
cuman bedanya, guru yang ini ni diam diam menghanyutkan.
kalo yang di SMP tu langsung semprot, baik dari perkataan dan ludahnya
kalo yg SMA ini, sok sok baik gitu deh, tapi karena aku sering ikut2 lomba kesenian tata busana bali sama kepanitiaan, ni guru jadi sensian gitu sama aku
selalu aja banding2in aku sama diaaaaa!!!!
tapi ngga nyebutin nama, tapi siapa lagi dong dikelasku kalo bukan aku yang aktif di lomba-lomba kesenian PSR, terus panitia kebangkitan budaya sama PKB?
dan sialnya aku, pas dia lagi ngajar, tiba-tiba ada pembina tabus dateng ke kelas terus nawarin aku ikut lomba tata busana PKB
pas masuk ke kelas lagi, langsung deh ada cercaan cacian dan makian yang ngga jelas buat siapa tapi menjurus ke aku
pertamanya dia nnya, pasti disuruh ikut lomba PKB ya?
terus aku jawab seperlunya "ya pak"
udah kuduga bakalan terjadi suatu accident penyindiran
dan ternyata bener, aku disindir, dai ngebandingin lagi pelajaran fisikanya sama kesenian
halo pak, ngga semua orang sama
lagian menurut saya pelajaran fisika ngga ada artinya buat saya
ga ada kepentingannya buat siapa saya kedepannya
ngga usah main eksploitasi gitu deh
saya benci fisika, beserta guru-guru yang pernah mengajarkan saya fisika
selalu aja bikin tegang ga mau sante
ga bisa berkomunikasi dengan baik
selalu nganggep bahwa ini adalah dunianya, tak ada orang lain yang hebat selain petinggi FISIKA
saya kecewa sama model-model guru kayak gitu
jadi kesimpulan dari beberapa kesimpulan di atas,
aku benci fisika karena gurunya yang selalu aja ngga mau nyambung sama muridnya yang ngga suka fisika
selalu aja menaikan yang sudah naik dan mendown kan yang sudah rendah
bahkan diinjek-injek
guru fisika selama pembaladaanku yang kutangkep itu selalu aja nganggep dunia ini adalah skumpulan rumus dan fisika
yang bisa naik cuman orang orang fisika
padahal tipe orang tu macem macem
ngga usah ya melecehkan orang yang berbakat di bidang lain
pokoknya saya kecewa sama guru fisika yang udah ngebuat saya benci sama fisika, entah siapa
semoga aja kedepannya aku nemuin guru fisika yang mau open mind dan ngga tertutup diseputaran makhluk-makhluk fisika
sebenernya cuman ini yang bikin aku tertekan sama kelas ipa
karena harus ketemu lagi sama guru fisika yang kurang friendly,
buat guru fisika dan makhluk fisika yang mungkin baca: maaf, kalo anda merasa tersindir, saya muak.
:)
terimakasih.

7 komentar:

  1. Kayaknya aku tau deh, guru SMP yg km mksud, Pak Su**ana kan?

    BalasHapus
  2. *pukpuk* sabar ya.. bukankah Albert Einstein sendiri bilang, "imagination is more important than knowledge" :)
    sebenernya aku kasian sama anak2 sma, sama aku waktu sma juga kasian bgt..ga ada yang mengarahkan kita waktu sma utk menjadi apa sesuai dengan minat dan bakat kita, karena itulah ujung2nya lanjut kuliah ke jurusan yg banyak disebut, dan ga sedikit yang akhirnya baru menyadari klo dirinya ga cocok di jurusan tersebut :'(
    tapi aku bersyukur berani keluar jalur, ngambil bidang kreatif yg walopun sampe sekarang banyak juga orang ga ngeh..*garuk2tanah*, berbeda itu memang melelahkan, tapi juga menyenangkan ;)

    BalasHapus
  3. kak ws, iya qaqqaaa, saya gila sama fisika
    sekarang malah dituduh nyolong dispen sama guru fisika yang bersangkutan
    oh god :'(

    BalasHapus
  4. Semangat ya tara. Mungkin emg udah lama postinganmu, tapi aku tw perasaanmu kok. Apa yg kamu tulis ngejleb n ngepas bgt di hatiku..

    Coz aku browsing dg keyword 'aku benci fisika' :D

    Besok ak bakalan ul. Fisika nih.. Dan gara2 gurunya malesi, ngajar gk bener, sering bolos, aku jadi males fisika..

    Yah.. Wish me luck.. Dan semoga kamu bsa ktemu sama guru open minded yg kamu idamkan itu tara ^^V

    BalasHapus

bagaimana?